Profil Potensi Nagari

Diposkan Oleh : Administrator | Tanggal : 30 April 2014 11:23:24

POTENSI NAGARI

A.Bidang Pemerintahan

     Bidang Pemeerintahan memiliki beberapa Potensi yang mendukung Permasalahan yang terjadi,Seperti sarana dan Prasarana Kantor dan Aparatur nagari cukup,tenaga Aparatur Nagari mencukupi Karakter masyarakat yang Demokratis karakter masyarakat yang terbuka,dan adat istiadat serta budaya masyarakat yang menjunjung tinggi Kejujuran.

B.Bidang Pembangunan

    Potensi yang dimiliki Nagari Koto Nan Tigo Selatan Surantih untuk mengatasi dan menunjang permasalahan Pembangunan diantaranya lahan pembangunan tersedia,adanya material yang merupakan bahan dari Pembangunan itu sendiri,tenaga Pelaksanaan tersedia.

C.Bidang Pembinaan

     Masyarakat  Nagari Koto Nan Tigo Selatan Surantih punya Potensi dibidang Pembinaan dan Kelembagaan,hal ini dapat dilihat dari banyaknya kadar-kader yang berperan Aktif dalam proses ataupun berpartisipasi untuk meningkatkan dan Memajukan Nagari Koto Nan Tigo Selatan Surantih ke arah yang lebih baik.

D.Bidang Pemberdayaan 

     Masyarakat Nagari Koto Nan Tigo Selatan Surantih punya Potensi di bidang Pemberdayaan yang dapat meningkatkan dan mengembangkan Nagari Koto Nan Tigo Selatan Surantih kearah yang lebih baik seperti lembaga dan kelembagaannya lengkap.

E.Bidang Penanggulangan Bencana

     Di Nagari Koto Nan Tigo Selatan Surantih memiliki Potensi dalam penanggulangan bencana dapat dilihat dari adanya kader Nagari Siaga tenaga kesehatan yang memadai.

     Hasil pengkajian potensi dan masalah menggunakan sketsa Nagari,Diagram Venn dan Kalender musim di Nagari Koto Nan Tigo Selatan Surantih adalah :

1. Bidang Pendidikan

      Masalah yang terjadi dibidang pendidikan adalah kurangnya kesejateraan guru PAUD/TK/MDA,kurangnya Mobile, Gedung sekolah yang kurang bagus atau tidak ada,kurangnya biaya sekolah bagi keluarga miskin. potensi yang ada dibidang pendidikan yaitu adanya guru,siswa miskin

2.Bidang Kesehatan

      Masalah yang terjadi di bidang kesehatan yaitu kurangnya pelayanan kesehatan,kurangnya insentif kader yandu kurangnya Peralatan kesehatan,kurannya Poskesri.

3.Bidang Sarana dan Prasarana

     Masalah yang terjadi dibidang sarana dan prasarana yaitu banyaknya kerusakan jalan yang ada dikampung,embung,RTLH,MCK,jalan evakuasi Tsunami kurannya Drainase jalan dan saluran irigasi pertanian.

4.Bidang Lingkungan Hidup

     Masalah yang terjadi dibidang  lingkungan hidup yaitu kurang tertahtanya lingkungan masyarakat kurang bersihnya lingkungan masyarakat banyaknya lahan yang belum di manfaatkan potensi yang ada di bidang lingkungan hidup yaitu adanya lahan untuk lingkungan hidup.

5.Bidang Sosial Budaya

      Masalah yang terjadi dibidang sosial budaya yaitu kurannya SDM masyarakat untuk adat istiadat dan sosial,belum jelasnya batas wilayah nagari

6.Bidang Pemerintahan

     Masalah yang terjadi dibidang Pemerintahan yaitu DM dan Pelayanan masyarakat potensi yang dimiliki pemerintahan yaitu adanya tenaga pelayanan masyarakat

7.Bidang Koperasi dan Usaha Masyarakat

     Masalah yang terjadi dibidang koperasi dan usaha masyarakat yaitu kurannya usaha untuk masyarakat Potensi yang ada dalam bidang koperasi dan usaha masyarakat yaitu adanya usaha masyarakat,adanya BUMNAG

8.Bidang Pertanian

     Masalah yang terjadi yaitu banyaknya hama penyakit tanaman  mahalnya harga pupuk dan bibit,masih kurannya bantuan pupuk dan bibit tanaman potensi yang dimiliki yaitu adanya lahan pertanian,adanya pertanian.

 

 

 

 


Komentar untuk artikel ini telah ditutup.